MITOS, METAFORA, METONIMI PADA CANDI PRAMBANAN

 Mitos :

 Candi Prambanan yang proses pembangunannya, konon katanya Pambanan hanya dibangun 1 malam saja oleh salah seorang pangeran dari kerajaan Pengging yaitu Bandung Bondowoso.Ia terkenal  dengan ilmu gaibnya, dan diperkirakan bahwa Prambanan adalah hasil dari ilmu tersebut.


Metafora :

Candi Prambanan,bangunan candi yang bercorak agama Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi yang juga disebut sebagai Rara Jonggrang ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pecipta,dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah.


Metonimi :

Nama lain dari Prambanan dapat berarti 5 (lima) gunung yang dalam bahada Khmer/Kamboja 5 (lima) adalam Pram dan Banam adalah gunung (ប្រាំភ្នំ). Hal ini menggambarkan 5 puncak dari gunung Himalaya di India. Menginat pada saat yang sama dalam kronik Khmer bahwa Bangsa Jawa pernah menjajah Khmer selama 200 tahun dan Jayawarman ke 2 yang pernah di Jawa merupakan pahlawan yang membebaskan Khmer dari dominasi Jawa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengarungi Mitos dari Sebuah Karya Seni

Review 20 jurnal